APRESIASI BANK ACDC TERHADAP
KARYAWAN
( PROGRAM CSR YANG BERORIENTASI
INTERNAL)
Divisi Teknologi Informasi
ü Dengan meningkatnya kebutuhan terhadap
penggunaan teknologi informasi di semua
aspek bisnis Bank,
pada tahun 2012 ACDC merekrut para lulusan terbaik untuk dididik menjadi tenaga
ahli di bidang teknologi informasi melalui program kerjasama dengan
salah satu universitas
terpandang di Indonesia. Dengan program tersebut, ACDC berharap
dapat mempercepat
ketersediaan staf IT yang terampil sejalan dengan perkembangan bisnis
yang pesat pada sektor perbankan.
ü Di tahun 2012,ACDC merekrut sekitar 200
sarjana untuk program pengembangan manajemen ACDC (ACDC Development Program –
BDP). Setiap peserta pelatihan harus menyelesaikan program pelatihan menyeluruh
selama satu tahun penuh sebelum ditempatkan disalah satu area strategis di unit
kerja ACDC. Program jangka panjang ini secara konsisten dilaksanakan setiap
tahun, terlepas dari kondisi perekonomian dan saat ini telah menghasilkan
banyak staf manajemen tingkat menengah yang kemudian bertanggung jawab menjadi
mentor bagi para peserta pelatihan yang baru.
Divisi Pelatihan dan Pengembangan
·
Pelatihan
ACDC
Learning Center secara konsisten meninjau ulang dan mengembangkan
program-program pelatihan untuk peningkatan kemampuan dan pengetahuan karyawan yang spesifik
tentang budaya organisasi di ACDC. Melalui kombinasi program in-house dan
eksternal, ACDC Learning Center fokus pada program-program yang terkait dengan
kredit, pemasaran, manajemen risiko, kepemimpinan dan budaya coaching.
Program-program pelatihan tersebut di rancang untuk mendukung strategi
perusahaan dan pencapaian target bisnis ACDC Learning Center melanjutkan
pelaksanaan program Community of Practice (COP) dalam rangka
meningkatkan kegiatan berbagi pengetahuan dan menumbuhkan budaya coaching.
COP adalah forum diskusi dimana karyawan secara rutin melakukan kegiatan
berbagi (sharing) di masing-masing unit kerja dalam rangka meningkatkan
kemampuan dan pengetahuan sebagai tim, dan untuk memfasilitasi interaksi antar
karyawan di dalam tim.
Divisi Sumber Daya Manusia
·
Keterlibatan Karyawan
Hubungan
yang kuat antar karyawan adalah budaya yang terus dikembangkan oleh ACDCdalam
rangka meningkatkan produktivitas dan mempertajam fokus terhadap orientasi
nasabah dalam aktivitas kerja sehari-hari. ACDC bekerja sama dengan Gallup
Polling Group (Gallup) untuk melakukan survei team engagement di semua
level karyawan. Berdasarkan hasil survei tersebut, sepanjang tahun 2012 ACDC
terus berupaya meningkatkan team engagement dalam aspek motivasi,
kepuasan, hubungan dengan nasabah, dan komunikasi internal maupun eksternal.
Survei kedua telah dilaksanakan pada akhir tahun 2012 dengan beberapa indikator
yang lebih spesifik guna mengukur target area yang berbeda di ACDC.
·
Rekrutmen dan Retensi
Karyawan
1.
ACDC memahami bahwa
sejalan dengan pertumbuhan usaha, diperlukan perhatian yang lebih besar dalam
proses rekrutmen dan mempertahankan karyawan terbaik. ACDC merekrut Account
Officer (AO) untuk pengembangan kredit komersial dan UKM. Para AO baru
tersebut mendapat pelatihan dengan materi yang disesuaikan dan fokus pada
analisa kredit dan pendekatan nasabah. Program ini sangat penting bagi Bank dalam
mengembangkan kredit komersial dan UKM yang berkualitas dalam jangka menengah
maupun jangka panjang
2. ACDC memberikan
apresiasi dan menerapkan sistem penghargaan yang menarik kepada karyawan dalam
upaya untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja mereka. Dimulai pada
tahun 2012, sebagian dari bonus tahunan karyawan dibayarkan dalam bentuk saham ACDC
yang diperoleh melalui pembelian di Bursa Efek Indonesia. Bonus saham tersebut
disimpan selama 3 tahun sebelum para karyawan memiliki hak untuk menjual saham
mereka. Skema bonus saham dimaksud dirancang untuk meningkatkan rasa
kebersamaan dalam keluarga besarACDC dan pada akhirnya dapat mempertahankan
karyawanACDC.
3. ACDC mengelola suatu talent
pool yang berisi individu-individu berpotensi untuk menjalani
program pengembangan karir. Untuk membangun talent pool ini, ACDC
mengidentifikasi dan menganalisa keunggulan dan kompetensi karyawan melalui
sistem penilaian panel yang melibatkan Divisi Human Capital Management
dan unit kerja terkait. ACDC juga menyediakan peluang program beasiswa
bagi para karyawan yang terdapat dalam talent pool untuk
mendapatkan gelar master (S2) dan juga program pendidikan eksekutif di
Singapura, Eropa dan Amerika Serikat.
4. ACDC memperkenalkan
skema baru berupa program magang AO “apprentice AO” diberbagai wilayah
dan cabang. Setelah menyelesaikan masa magang, mereka yang terpilih akan
mengikuti program pelatihan yang terdiri dari pelatihan kelas di Jakarta dan on
the job training di kantor-kantor cabang. Tujuan dari skema baru ini adalah
menempatkan para staf ke tempat asal mereka, berkumpul bersama keluarga dimana
mereka lebih mengerti bisnis dan budaya setempat.
5. ACDC berupaya
menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawannya. Sebagai bagian dari
upaya tersebut, ACDC menyelenggarakan program Day Care pada masa Lebaran. Di
tahun 2012, ACDC meluncurkan inisiatif ‘Sehat Bersama’, suatu program kesadaran
untuk memelihara kesehatan dengan melakukan kegiatan seperti jalan sehat dan
bersepeda bersama yang diikuti oleh para Direktur ACDC.
·
Meningkatkan Proses
ACDC mengandalkan
berbagai sistem untuk meningkatkan efisiensi dan memonitor semua aspek dari human
capital. Di tahun 2012, ACDC memperkenalkan Enterprise Compensation
Management (ECM), suatu sistem yang berbasis web sebagai bagian dari
sistem e-HR, untuk mengelola gaji dan bonus. Sistem e-HR juga mencakup
penilaian kinerja secara elektronik dan job posting secara online.
Penentuan target bisnis dan proses coaching dapat di evaluasi dalam
penilaian kinerja tahunan. Melalui sistem ini, pengawasan dan pelaporan yang
lebih luas dari keseluruhan tenaga kerja dapat lebih mudah dilakukan.
Tujuan yang diharapkan
1. dapat mempercepat
ketersediaan staf IT yang terampil sejalan dengan perkembangan bisnis yang
pesat pada sektor perbankan.
2. untuk peningkatan
kemampuan dan pengetahuan karyawan yang spesifik tentang budaya organisasi di ACDC
3. untuk mendukung
strategi perusahaan dan pencapaian target bisnis ACDC Learning Center
melanjutkan pelaksanaan program Community of Practice (COP) dalam rangka
meningkatkan kegiatan berbagi pengetahuan dan menumbuhkan budaya coaching.
4. meningkatkan
produktivitas dan mempertajam fokus terhadap orientasi nasabah dalam aktivitas
kerja sehari-hari.
5. mengembangkan kredit
komersial dan UKM yang berkualitas dalam jangka menengah maupun jangka panjang
6. meningkatkan rasa
kebersamaan dalam keluarga besar ACDC dan pada akhirnya dapat mempertahankan
karyawan ACDC.
7. menempatkan para staf
ke tempat asal mereka, berkumpul bersama keluarga dimana mereka lebih mengerti
bisnis dan budaya setempat.
8. menciptakan lingkungan
kerja yang nyaman bagi karyawannya.
9. pengawasan dan
pelaporan yang lebih luas dari keseluruhan tenaga kerja dapat lebih mudah
dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar