MAKALAH
“ MAKALAH SIKAP DAN PERSEPSI MAKANAN SIAP SAJI McD“
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
mata kuliah Softskill Perilaku Konsumen
Di Susun Oleh :
·
Muhammad Amru Djawas
(1A213769)
·
M. Zulfikar (14211226)
·
Teguh Sasmito (17211065)
·
Christian Johanes (11211645)
·
Hafiz Bestiar (13211124)
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
Statement
of Authorship
Kami yang bertanda tangan di bawah ini
menyatakan bahwa makalah terlampir adalah murni hasil pekerjaan kami sendiri.
Tidak ada pekerjaan orang lain yang kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.
Materi
ini belum pernah disajikan sebagai bahan untuk makalah pada mata ajaran lain
kecuali kami menyatakan dengan jelas bahwa kami menggunakannya.
Kami memahami bahwa tugas yang kami
kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan
mendeteksi adanya plagiarisme.
ttd
Nama
: Muhammad Amru Djawas
NPM : 1A213769
Nama
: Teguh
Sasmito
NPM : 17211065
Nama
: Christian
Joanes
NPM : 11211645
Nama
: M.
Zulfikar
NPM : 14211226
Nama
: Hafiz
Bestiar
NPM : 13211124
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah
SWT yang telah melimpahkan ilmu Shalawat serta semoga tercurah kepada Rasul
beserta keluarganya.
Penulisan
makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu Tugas mata kuliah Softskill Perilaku Konsumen di Universitas Gunadarma Jurusan Manajement.
Dalam
memenuhi persyaratan tersebut penulis mencoba membuat makalah yang berjudul “ MAKALAH SIKAP DAN PERSEPSI MAKANAN SIAP SAJI McD“.
Dalam
menyusun makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang di miliki penulis
terbatas ,cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam
menyusun makalah ini.
Akhir
kata ,semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi
pembaca pada umumnya.
Jakarta,
November 2013
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Keberhasilan suatu negara dalam menjalankan roda
pemerintahan akan membawa masyarakat ke pintu kejayaan dan kemakmuran.
Pemerintah berusaha keras untuk menjaga kestabilan perekonomian negara melalui
kebijakan yang bersifat cepat dan efektif dengan mengurangi pengeluaran negara.
Tapi, perekonomian Indonesia mengalami kemajuan dan berada pada kondisi stabil.
Semakin berkembangnya jumlah industri pada saat sekarang ini, persaingan industri
juga semakin tajam. Maka setiap perusahan harus selalu berusaha meningkatkan
efisiensinya. Semakin tinggi efisiensinya akan dapat memperbesar kemampuan
perusahaan untuk menghasilkan keuntungan operasi perusahaan, baik itu dikaitkan
dengan modal yang dikeluarkan dan keuntungan perusahaan itu sendiri. Indonesia
merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang sedang berkembang. Layaknya
sebuah negara yang sedang berkembang, tidak sedikit industri-industri yang
berdiri di Indonesia, baik industri manufaktur maupun industri kuliner dalam
hal ini industri restoran cepat saji.
Banyaknya restoran cepat saji yang berada di Indonesia
menimbulkan persaingan ketat dalam kompetisi mutu serta kualitas dari produk
yang dihasilkan. Fast food atau restoran cepat saji, mulai populer di Indonesia
pada awal 1980. Sebagian besar fast food yang merambah pasar Indonesia berasal
dari Amerika. Saat ini tercatat ada beberapa nama besar di dunia "Junk
Food" Amerika, yang membuka gerai-gerai di Indonesia. Sebagai pioneer di
Indonesia, adalah Mc Donald. Animo masyarakat cukup besar terhadap
gerai hamburgersiap saji ini, terlihat dengan munculnya gerai-gerai serupa yang
berusaha meniru McD. Ada gerai yang memang berasal dari
luar, dan ada pula gerai lokal, yang mengimitasi dengan memakai nama-nama kota
di Amerika, seperti California, Texas, Washington, Oklahoma, dan Vegas. Seiring
berjalannya waktu, beberapa bertahan, dan adapula yang tidak dapat bertahan.
Masuknya beberapa nama Internasional ke dalam kancah franchise restoran cepat
saji di Indonesia seperti Kentucky Fried Chicken, Mc Donald, Texas Fried
Chicken semakin meramaikan kancah restoran cepat saji di Indonesia. Beberapa
diantara mereka, menggunakan ide untuk menambah Menu HAmburger sebagai side
menu, sebagai alternatif menu utama mereka.
Berbagai macam produk makanan
Amerika memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena menyajikan
makanan yang cepat saji tanpa harus menunggu lama. Dari berbagai banyak
produk makanan cepat saji salah satu diantaranya adalah Hamburger dan French Fries
atau yang sering jadi menu andalan McD adalah restauran berbagai pilihan burger dan ayam goreng khas McDonald's, menu andalan
McDonald's hadir dalam pilihan ala carte dan paket (Paket Hemat).
Lengkap dengan French fries dan minuman pilihan, Paket Hemat yang bikin
kenyang hanya ada di McDonald's..
Cabang-cabangnya sudah menempati seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh
dunia. Biasanya McD berada disebuah pusat perbelanjaan agar bertujuan orang
sehabis berbelanja bisa datang untuk makan ke McD. Menu utama yang ditawarkan
oleh McD adalah hamburger, french fries, soft drink dan disertai disert lainya
dengan harga yang dapat dijangkau semua orang. Harga untuk menikmati satu paket reguler hamburger dan soft drink adalah Rp19000
Agar produk McD dapat terjual dengan baik, McD
menawarkan banyak berbagai macam menu hemat atau paket hemat seperti menu hemat setiap hari
yang dibuka setiap hari, Nikmati momen berharga mulai dari Rp. 5.000,-. Menu Hemat Setiap Hari
McDonald's cocok untuk temani saat santaimu, sendiri atau berbagi dengan
teman istimewa. Pernah coba French fries dengan chocolate sundae?
Kombinasikan menu favoritmu dengan pilihan Menu Hemat Setiap Hari,
Walaupun paket ini sedikit menaikan harga oleh
management McD tetapi banyak diburu ketika sudah memasuki pukul 15.00. Biasanya
para anak-anak remaja SMA dan kalangan masyarakat lainya. Dengan uang lima
ribu-, kita bisa mendapatkan menu yang varian. Dan banyak lagi
paket-paket yang ditawarkan McD dengan harga yang sangat murah yang diberikan
kepada pengunjung setia McD dengan batas tertentu agar bisa memberikan
pelayanan terbaik bagi pengunjung.
Banyak alasan orang memilih makanan cepat saji
yang dimiliki oleh perusahaan amerika dan salah satunya adalah McD yaitu dengan
beralasan ketika llapar dan memesan tidak perlu menunggu terlalu lama. Padahal
menurut yang kita tahu produk makanan cepat saji kurang begitu sehat bagi tubuh
kita karena sudah tercampur bahan kimia. Justru makanan yang kita kita buat
sendiri tidak terlalu disukai, mereka beranggapan makanan cepat Sji lebih
praktis walaupun sudah tahu resiko atau anggapan lainya.
Saat ini produk makanan McD sampai sekarang
masih sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia walaupun masih
ada produk makan Amerika lainya yang ada disini, karena McD menawarkan berbagai banyak paket-paket terbaru dan harga termurah dan terjangkau
dibandingankan produk makanan amerika lainya.
B. Tujuan
penulisan :
1. Mengetahui
alasan mengapa masyarakat lebih memilih makan siap saji dibadingkan memasak
sendiri.
2. Mengetahui
hubungan pengaruh lingkungan terhadap keputusan konsumen dalam memilih makanan siap saji.
3. Mengetahui
target pasar dari makanan siap saji serta usaha perusahaan siap saji dalam
mengeruk keuntungan dari konsumen.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
Makanan yang siap saji merupakan makanan yang disajikan dengan cepat biasa
disebut “Fast Food”. Jenis makanan ini merupakan gaya hidup dalam kehidupan
masyarakat dengan cara yang serba cepat dan mempermudah individu untuk
mengkonsumsi makanan siap saji. Keuntungan yang diperoleh dari fast food adalah
menghemat waktu, dengan mengikuti kehidupan sekarang yang serba cepat ini,
tidak ada pilihan lebih baik daripada mendapatkan makanan siap saji. Tidak
peduli berapa banyak koki memuji manfaat makanan segar, ketika jam pulang
kantor, ketika seorang pulang ke rumah dengan keadaan lelah dan lapar, makanan
siap saji merupakan makanan yang paling mudah di peroleh tanpa harus
menghabiskan waktu di dapur, memasak makanan yang mengharuskan seseorang untuk
melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli bahan-bahan untuk hidangan
yang sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan proses mencuci,
mengupas, memasak, dan seterusnya hingga proses penyajian. Maka itu makanan
fast food lebih disukai daripada masakan makanan sendiri bagi orang-orang yang
sibuk. Selain waktu, dapat menghemat biaya sehingga memberikan fast food
keunggulan atas makanan yang disiapkan di dapur.
Dalam bahasan kali ini, kami akan membahas gerai siap
saji McD. McD salah satu restoran cepat saji yang hak
eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. McD merupakan
pemimpin global dalam bisnis kategori fast food dengan menggunakan menu andalan hamburger dan french fries. Selain menawarkan produk hamurger, McD juga memenuhi
selera konsumen dengan menu pilihan lain seperti McFloot, kentang
goreng, spaghetti, cream soup, twister, dan burger serta menawarkan
produk-produk baru seperti menu mantap, happy mealu dan yang lainnya
juga. McD menspesialisasikan perusahaannya pada menu hamburger. Dengan target pasar keluarga segala usia dan
segmentasi pasar yang dibidik adalah anak-anak usia 6-15 tahun, dan remaja
16-25 tahun. Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan KFC sebagai perushaan
makanan siap saji dalam menjaring konsumennya dari berbagai kalangan :
1. Harga Produk KFC
:
- Harga yang cukup terjangkau,
- Produk yang memiliki keunggulan dengan rasa jago nya ayam,
- Jumlah porsi dan banyaknya makanan dan minuman dalam satu porsi,
- Variasi dan banyak nya menu yang ditawarkan oleh KFC kepada konsumen,
- Daftar menu adalah nam jenis-jenis produk yang disediakan berdasarkan harga nya.
- Promosi dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen.
- Diskon merupakan potongan harga yang diberikan oleh pihak KFC kepada konsumen
- Aroma diartikan sebagai tanggapan indera terhadap rangsangan indera pencium pada hamburger McD
- Rasa diartikan sebagai tanggapan indera terhadap rangsangan indera pengecap pada ayam goreng McD
2. Pendapatan :
- Pendapatan merupakan faktor bagi masyarakat karena pendapatan juga yang menjadi pilihan bagi konsumen untuk membeli atau tidak, dengan harga yang bervariasi dan terjangkau memungkinkan konsumen untuk membeli dengan harga yang sesuai pendapatan tiap individu.
3. Pelayanan dan
Fasilitas yang diberikan KFC:
- Adanya koneksi WIFI
- Ruangan khusus para perokok
- Tempat parkir untuk menyimpan kendaraan para pengunjung KFC
- Keramahaan pelayan merupakan sikap yang ditampilkan oelh pelayan kepada konsumen selama proses pembelian
- Penampilan pelayanan adalah pakaian yang dikenakan karyawan berupa seragam yang bersih dan sopan
- Kecepatan penyajian adalah waktu yang diperlukan untuk menyajikan makanan dan minuman
- Kecepatan transaksi adalah kecepatan kasir dalam melayani pembayaran konsumen
- kebersihan restoran meliputi kebersihan ruangan tempat makan, toilet dan wastafel.
- dekorasi ruangan adalah hiasan dinding atau hiasan gantung yang berada di ruangan tempat makan.
- temperatur ruangan diartikan sebagai suhu ruangan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen.
- keharuman ruangan adalah keharuman yang tercium di sekitar ruangan makan.
- musik adalah alunan musik yang dapat didengar oleh konsumen pada saat berada di KFC
- kemasan bawa pulang adalah bungkus yang digunakan apabila konsumen membeli produk di McD untuk dibawa pulang.
Pengaruh
Lingkungan
Pengaruh lingkungan memiliki peranan yang cukup besar terhadap perilaku
konsumen. Informasi yang lengkap mengenai faktor-faktor lingkunganyang
mempengaruhi perilaku konsumen memberikan masukan yang sangat berarti terhadap
strategi pemasaran sebuah perusahaan. Faktor lingkungan ini terdiri dari
budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi.
Budaya
Dalam studi perilaku konsumen, budaya mengacu pada nilai, gagasan, artefak
dan simbol-simbol lain yang bermakna membantu individu untuk berkomunikasi,
melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat (Engel, Blackwell
dan Miniard, 1994). Budaya mempengaruhi perilaku konsumen dalam tiga faktor
yaitu
(a) budaya mempengaruhi struktur konsumsi,
(b) budaya mempengaruhi bagaimana individu mengambil keputusan
(c) budaya adalahvariabel utama dalam penciptaan dan komunikasi makna dari
sebuah produk.
Kelas Sosial
Kelas sosial adalah pembagian di dalam masyarakat yang terdiri dari
individu-individu yang berbagi nilai, minat dan perilaku yang sama. Kelas
sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan tetapi merupakan
kombinasi dari pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan dan variabel
lainnya. Kelas sosial memperlihatkan preferensi dan pemilihan merek yang
berbeda-beda dalam berbagai kategori produk tertentu, seperti pakaian,
perabotan rumah, kegiatan waktu luang dan kendaraan.
Pengaruh pribadi kerap memainkan peranan penting dalam pengambilan
keputusan konsumen, khususnya bila ada tingkat keterlibatan yang tinggi dan
resiko yang dirasakan dari produk atau jasa memiliki visibilitas publik. Hal
ini diekspresikan baik melalui kelompok acuan maupun melalui komunikasi lisan.
Pemasar dapat memanfaatkan pengaruh pribadi dengan memonitor komunikasi lisan
dan berusaha mengendalikannya bila komunikasi itu bersifat negatif. Strategi
lain mencakup menciptakan pemberi pengaruh yang baru, menstimulasi pencarian
informasi melalui sumber ini, mengandalkan sepenuhnya pada pengaruh antar
pribadi untuk mempromosikan produk dan memerangi komunikasi lisan yang negatif.
Keluarga
Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1994), keluarga adalah kelompok yang
terdiri atas dua orang atau lebih yang dihubungkan melalui darah, perkawinan
atau adopsi dan yang tinggal bersama. Keluarga memainkan peranan terbesar dan
terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku manusia. Oleh karena itu manajemen
pemasaran berkepentingan mempelajari perilaku anggota keluarga, terutama dalam
melakukan pembelian barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
Situasi
Situasi dapat memberikan pengaruh yang kuat dalam perilaku konsumen.
Pengaruh situasi ini dapat timbul dari lingkungan fisik (sifat nyata
yangmerupakan situasi konsumen), lingkungan sosial (ada tidaknya orang lain
dalam situasi bersangkutan), waktu (sifat sementara dari situasi), tugas
(tujuan atau sasaran tertentu yang dimiliki konsumen dalam situasi) dan keadaan
anteseden (suasana hati dan kondisi sementara konsumen).
Hasil Analisis Faktor yang
menyebab seseorang memilih KFC
Faktor Gaya Hidup
Variabel yang
terdapat pada Citra Pemakai (User Image) yang paling berpengaruh
terhadap persepsi konsumen dalam pembelian produk McD adalah gaya hidup
masyarakat. Konsumsi makanan cepat saji sudah menjadi bagian dari gaya hidup
pada masyarakat kota. Remaja bisa membandingkan diri dengan teman dalam memilih
makanan.
Faktor Produk yang terkenal
Produk merupakan
segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta,
dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan
atau keinginan pasar yang bersangkutan, sesuai dengan pendapat Tjiptono (2006)
yang mengatakan bahwa pemasar beranggapan konsumen lebih menghendaki
produk-produk yang memiliki kualitas, kinerja, fitur, atau penampilan superior.
Fakor Fasilitas
Fasilitas merupakan
hal penting dalam menentukan persepsi yang positif dibenak konsumen, karena
kenyamanan tempat dan kelebihan fasilitas yang diberikan akan membuat konsumen
tertarik, hal ini sesuai dengan pendapat Kartajaya (2003) yang mengatakan bahwa
fasilitas yang diberikan perusahaan termasuk dalam lingkaran nilai pemasaran
yaitu service dengan menggunakan prinsip-prinsip perusahaan dalam
meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
Faktor Produk yang khas
Produk yang khas
merupakan hal yang sangat dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk makanan
siap saji ayam goreng. Rasa dan kerenyahan yang khas dibandingkan dengan produk
franchise lainnya membuat konsumen untuk membeli produk McD, hal ini
sesuai dengan pendapat McD Indonesia (2013) yang menyatakan bahwa produk-produk McD yaitu hamburger tetap menjadi produk hamburger paling disukai di
antara semua merek restoran cepat saji di seluruh Indonesia, yang konsisten
dinilai sebagai ayam goreng paling enak versi berbagai survei konsumen di
Indonesia.
Faktor Merek
McD sebagai salah
satu merek makanan siap saji yang sudah terkenal di seluruh dunia. Pemberian
merek pada produk spesifik memungkinkan konsumen menggunakan merek sebagai
pedoman atau acuan tingkat dan konsistensi kualitas, serta memungkinkan para
pemanufaktur untuk mengkomunikasikan citra spesifik dan aspek produk tertentu
kepada para konsumen melalui kampanye periklanan massal.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
Proses keputusan
pembelian terdiri dari beberapa tahap. Pada tahap pengenalan kebutuhan,
konsumen menganggap produk McD sebagai makanan selingan yang dimotivasi oleh
sekedar melepas rasa lapar atau dahaga saja, dengan intensitas kunjungan kurang
dari dua kali dalam sebulan. Pada tahap pencarian informasi, media yang paling
mempengaruhi dalam pembelian produk di McD yaitu konsumen itu sendiri, begitu
juga dengan sumber informasi dimana konsumen mengetahui tentang produk McD dan
yang menjadi fokus utama apabila ada promosi adalah atribut rasa. Pada tahap
evaluasi alternatif, indikator yang menjadi pertimbangan awal dalam pembelian,
kualitas dan alasan memilih produk McD adalah rasa. Pada tahap pembelian,
konsumen biasanya berkunjung pada hari Sabtu atau Minggu dan itu pun tergantung
situasinya. Pengaruh keluarga, teman dan penjual dalam menyarankan pembelian
produk McD adalah tidak berkomentar. Pada tahap evaluasi pasca pembelian,
konsumen merasakan puas akan produk McD dan akan kembali untuk mencobanya. McD,
memiliki posisi yang saling berjauhan satu sama lainnya, yang artinya
masing-masing merek tersebut tidak memiliki kedekatan atau kemiripan sifat satu
dengan yang lainnya, yang berarti juga bahwa tidak ada kemiripan yang dekat
terhadap masing-masing peubah yang merupakan ciri dari masing-masing merek.
Atribut lokasi, rasa dan keramahan pelayan menempati urutan teratas dari
tingkat kepentingan yang dinilai oleh konsumen. Strategi pemasaran yang harus
diterapkan di McD mencakup atribut lokasi, tempat parkir, keramahan pelayan, kecepatan
penyajian produk, kebersihan, dekorasi ruangan, keharuman ruangan, musik,
variasi jenis produk, jumlah porsi, aroma produk, rasa, kemasan bawa pulang,
promosi dan diskon.
Saran :
1. Pihak McD harus terus mempertahankan kualitas dari atribut
rasa dan aroma agar produk yang dibuat sesuai dengan harapan konsumen dan dapat
menyaingi pesaing utamanya yaitu KFC .
2. Pihak manajemen McD sebaiknya melakukan diversifikasi
jenis makanan dengan menambah beberapa menu sehingga menjadi lebih variatif.
Sementara untuk jumlah porsi pihak McD harus menambahkannya agar keinginan dari
konsumen dapat terpenuhi.
3. Pihak McD perlu mempertimbangkan kembali kinerja dari
atribut kemasan bawa pulang karena dirasakan terlalu berlebihan.
4. Pihak McD lebih sering mengadakan diskon terhadap
produk-produknya agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung ke McD dan
melakukan pembelian.
5. Pihak McD perlu meningkatkan kinerja dari atribut
keharuman ruangan dengan cara memasangkan pengharum ruangan di setiap sudut
ruangannya.
ada sedikt keambiguan dalam pembahsan yang anda bahas, yang di bahas McDonald tapi malah merembes ke KFC.
BalasHapussalam