Rabu, 27 November 2013

MAKALAH SIKAP DAN PERSEPSI MAKANAN SIAP SAJI McD

MAKALAH
MAKALAH SIKAP DAN PERSEPSI MAKANAN SIAP SAJI McD
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
mata kuliah Softskill Perilaku Konsumen


Di Susun Oleh :
·         Muhammad Amru Djawas (1A213769)
·         M. Zulfikar (14211226)
·         Teguh Sasmito (17211065)
·         Christian Johanes (11211645)
·         Hafiz Bestiar (13211124)



JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013
Statement of Authorship
Kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa makalah terlampir adalah murni hasil pekerjaan kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.
Materi ini belum pernah disajikan sebagai bahan untuk makalah pada mata ajaran lain kecuali kami menyatakan dengan jelas bahwa kami menggunakannya.
Kami memahami bahwa tugas yang kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.
                                                                                                                        ttd
Nama                           :           Muhammad Amru Djawas
NPM                           :           1A213769
Nama                           :           Teguh Sasmito
NPM                           :           17211065
Nama                           :           Christian Joanes
NPM                           :           11211645
Nama                           :           M. Zulfikar
NPM                           :           14211226
Nama                           :           Hafiz Bestiar
NPM                           :           13211124



KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur hanyalah milik Allah SWT yang telah melimpahkan ilmu Shalawat serta semoga tercurah kepada Rasul beserta keluarganya.
            Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu Tugas mata kuliah Softskill Perilaku Konsumen di Universitas Gunadarma Jurusan Manajement.
            Dalam memenuhi persyaratan tersebut penulis mencoba membuat makalah yang berjudul “ MAKALAH SIKAP DAN PERSEPSI MAKANAN SIAP SAJI McD“.
            Dalam menyusun makalah ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan sebab pengetahuan dan pengalaman yang di miliki penulis terbatas ,cukup banyak tantangan dan hambatan yang penulis temukan dalam menyusun makalah ini.
            Akhir kata ,semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
             
                                                                                                                Jakarta,   November 2013



BAB 1
PENDAHULUAN



1.1  LATAR BELAKANG
Keberhasilan suatu negara dalam menjalankan roda pemerintahan akan membawa masyarakat ke pintu kejayaan dan kemakmuran. Pemerintah berusaha keras untuk menjaga kestabilan perekonomian negara melalui kebijakan yang bersifat cepat dan efektif dengan mengurangi pengeluaran negara. Tapi, perekonomian Indonesia mengalami kemajuan dan berada pada kondisi stabil. Semakin berkembangnya jumlah industri pada saat sekarang ini, persaingan industri juga semakin tajam. Maka setiap perusahan harus selalu berusaha meningkatkan efisiensinya. Semakin tinggi efisiensinya akan dapat memperbesar kemampuan perusahaan untuk menghasilkan keuntungan operasi perusahaan, baik itu dikaitkan dengan modal yang dikeluarkan dan keuntungan perusahaan itu sendiri. Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak negara yang sedang berkembang. Layaknya sebuah negara yang sedang berkembang, tidak sedikit industri-industri yang berdiri di Indonesia, baik industri manufaktur maupun industri kuliner dalam hal ini industri restoran cepat saji.
Banyaknya restoran cepat saji yang berada di Indonesia menimbulkan persaingan ketat dalam kompetisi mutu serta kualitas dari produk yang dihasilkan. Fast food atau restoran cepat saji, mulai populer di Indonesia pada awal 1980. Sebagian besar fast food yang merambah pasar Indonesia berasal dari Amerika. Saat ini tercatat ada beberapa nama besar di dunia "Junk Food" Amerika, yang membuka gerai-gerai di Indonesia. Sebagai pioneer di Indonesia, adalah Mc Donald. Animo masyarakat cukup besar terhadap gerai hamburgersiap saji ini, terlihat dengan munculnya gerai-gerai serupa yang berusaha meniru McD. Ada gerai yang memang berasal dari luar, dan ada pula gerai lokal, yang mengimitasi dengan memakai nama-nama kota di Amerika, seperti California, Texas, Washington, Oklahoma, dan Vegas. Seiring berjalannya waktu, beberapa bertahan, dan adapula yang tidak dapat bertahan. Masuknya beberapa nama Internasional ke dalam kancah franchise restoran cepat saji di Indonesia seperti Kentucky Fried Chicken, Mc Donald, Texas Fried Chicken semakin meramaikan kancah restoran cepat saji di Indonesia. Beberapa diantara mereka, menggunakan ide untuk menambah Menu HAmburger sebagai side menu, sebagai alternatif menu utama mereka.
Berbagai macam produk makanan Amerika memang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena menyajikan makanan yang cepat saji tanpa harus menunggu lama. Dari berbagai  banyak produk makanan cepat saji salah satu diantaranya adalah Hamburger dan French Fries atau yang sering jadi menu andalan McD adalah restauran berbagai pilihan burger dan ayam goreng khas McDonald's, menu andalan McDonald's hadir dalam pilihan ala carte dan paket (Paket Hemat). Lengkap dengan French fries dan minuman pilihan, Paket Hemat yang bikin kenyang hanya ada di McDonald's.. Cabang-cabangnya sudah menempati seluruh wilayah Indonesia bahkan seluruh dunia. Biasanya McD berada disebuah pusat perbelanjaan agar bertujuan orang sehabis berbelanja bisa datang untuk makan ke McD. Menu utama yang ditawarkan oleh McD adalah hamburger, french fries, soft drink dan disertai disert lainya dengan harga yang dapat dijangkau semua orang. Harga untuk menikmati satu paket reguler hamburger dan soft drink adalah Rp19000
    Agar produk McD dapat terjual dengan baik, McD menawarkan banyak berbagai macam menu hemat atau paket hemat seperti menu hemat setiap hari yang dibuka setiap hari, Nikmati momen berharga mulai dari Rp. 5.000,-. Menu Hemat Setiap Hari McDonald's cocok untuk temani saat santaimu, sendiri atau berbagi dengan teman istimewa. Pernah coba French fries dengan chocolate sundae? Kombinasikan menu favoritmu dengan pilihan Menu Hemat Setiap Hari,
    Walaupun paket ini sedikit menaikan harga oleh management McD tetapi banyak diburu ketika sudah memasuki pukul 15.00. Biasanya para anak-anak remaja SMA dan kalangan masyarakat lainya. Dengan uang lima ribu-, kita bisa mendapatkan menu yang varian. Dan banyak  lagi paket-paket yang ditawarkan McD dengan harga yang sangat murah yang diberikan kepada pengunjung setia McD dengan batas tertentu agar bisa memberikan pelayanan  terbaik bagi pengunjung.
      Banyak alasan orang memilih makanan cepat saji yang dimiliki oleh perusahaan amerika dan salah satunya adalah McD yaitu dengan beralasan ketika llapar dan memesan tidak perlu menunggu terlalu lama. Padahal menurut yang kita tahu produk makanan cepat saji kurang begitu sehat bagi tubuh kita karena sudah tercampur bahan kimia. Justru makanan yang kita kita buat sendiri tidak terlalu disukai, mereka beranggapan makanan cepat Sji lebih praktis walaupun sudah tahu resiko atau anggapan lainya.
   Saat ini produk makanan McD sampai sekarang  masih sangat diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia  walaupun masih ada produk makan  Amerika lainya yang  ada disini, karena  McD menawarkan berbagai banyak paket-paket terbaru dan harga termurah dan terjangkau dibandingankan produk makanan amerika lainya.
B.     Tujuan penulisan :
1.  Mengetahui alasan mengapa masyarakat lebih memilih makan siap saji dibadingkan memasak sendiri.
2. Mengetahui hubungan pengaruh lingkungan terhadap keputusan konsumen dalam memilih makanan siap saji.
3. Mengetahui target pasar dari makanan siap saji serta usaha perusahaan siap saji dalam mengeruk keuntungan dari konsumen.
BAB II
  PEMBAHASAN
    Makanan yang siap saji merupakan makanan yang disajikan dengan cepat biasa disebut “Fast Food”. Jenis makanan ini merupakan gaya hidup dalam kehidupan masyarakat dengan cara yang serba cepat dan mempermudah individu untuk mengkonsumsi makanan siap saji. Keuntungan yang diperoleh dari fast food adalah menghemat waktu, dengan mengikuti kehidupan sekarang yang serba cepat ini, tidak ada pilihan lebih baik daripada mendapatkan makanan siap saji. Tidak peduli berapa banyak koki memuji manfaat makanan segar, ketika jam pulang kantor, ketika seorang pulang ke rumah dengan keadaan lelah dan lapar, makanan siap saji merupakan makanan yang paling mudah di peroleh tanpa harus menghabiskan waktu di dapur, memasak makanan yang mengharuskan seseorang untuk melakukan perjalanan ke supermarket untuk membeli bahan-bahan untuk hidangan yang sebelum dikonsumsi, semua bahan masakan membutuhkan proses mencuci, mengupas, memasak, dan seterusnya hingga proses penyajian. Maka itu makanan fast food lebih disukai daripada masakan makanan sendiri bagi orang-orang yang sibuk. Selain waktu, dapat menghemat biaya sehingga memberikan fast food keunggulan atas makanan yang disiapkan di dapur.
Dalam bahasan kali ini, kami akan membahas gerai siap saji McD. McD salah satu restoran cepat saji yang hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. McD merupakan pemimpin global dalam bisnis kategori fast food dengan menggunakan menu andalan hamburger dan french fries. Selain menawarkan produk hamurger, McD juga memenuhi selera konsumen dengan menu pilihan lain seperti McFloot, kentang goreng, spaghetti, cream soup, twister, dan burger serta menawarkan produk-produk baru seperti menu mantap, happy mealu dan yang lainnya juga. McD menspesialisasikan perusahaannya pada menu hamburger. Dengan target pasar keluarga segala usia dan segmentasi pasar yang dibidik adalah anak-anak usia 6-15 tahun, dan remaja 16-25 tahun. Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan KFC sebagai perushaan makanan siap saji dalam menjaring konsumennya dari berbagai kalangan :

1.      Harga Produk KFC :
  •       Harga yang cukup terjangkau,
  •       Produk yang memiliki keunggulan dengan rasa jago nya ayam,
  •       Jumlah porsi dan banyaknya makanan dan minuman dalam satu porsi,
  •      Variasi dan banyak nya menu yang ditawarkan oleh KFC kepada konsumen,
  •      Daftar menu adalah nam jenis-jenis produk yang disediakan berdasarkan harga nya.
  •      Promosi dirancang untuk mendorong pembelian suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen.
  •      Diskon merupakan potongan harga yang diberikan oleh pihak KFC kepada konsumen
  •     Aroma diartikan sebagai tanggapan indera terhadap rangsangan  indera pencium pada hamburger McD
  •     Rasa diartikan sebagai tanggapan indera terhadap rangsangan indera pengecap pada ayam goreng McD
 
2.      Pendapatan :
  •       Pendapatan merupakan faktor bagi masyarakat karena pendapatan juga yang menjadi pilihan bagi konsumen untuk membeli atau tidak, dengan harga yang bervariasi dan terjangkau memungkinkan konsumen untuk membeli dengan harga yang sesuai pendapatan tiap individu.
3.      Pelayanan dan Fasilitas yang diberikan KFC:
  •      Adanya koneksi WIFI
  •      Ruangan khusus para perokok
  •      Tempat parkir untuk menyimpan kendaraan para pengunjung KFC
  •     Keramahaan pelayan merupakan sikap yang ditampilkan oelh pelayan kepada konsumen selama proses pembelian
  •     Penampilan pelayanan adalah pakaian yang dikenakan karyawan berupa seragam yang bersih dan sopan
  •      Kecepatan penyajian adalah waktu yang diperlukan untuk menyajikan makanan dan minuman   
  •      Kecepatan transaksi adalah kecepatan kasir dalam melayani pembayaran konsumen
  •      kebersihan restoran meliputi kebersihan ruangan tempat makan, toilet dan wastafel.
  •      dekorasi ruangan adalah hiasan dinding atau hiasan gantung yang berada di ruangan tempat makan.
  •      temperatur ruangan diartikan sebagai suhu ruangan yang memberikan kenyamanan bagi konsumen.
  •       keharuman ruangan adalah keharuman yang tercium di sekitar ruangan makan.
  •      musik adalah alunan musik yang dapat didengar oleh konsumen pada saat berada di KFC
  •      kemasan bawa pulang adalah bungkus yang digunakan apabila konsumen membeli produk di McD untuk dibawa pulang.
  Pengaruh Lingkungan
Pengaruh lingkungan memiliki peranan yang cukup besar terhadap perilaku konsumen. Informasi yang lengkap mengenai faktor-faktor lingkunganyang mempengaruhi perilaku konsumen memberikan masukan yang sangat berarti terhadap strategi pemasaran sebuah perusahaan. Faktor lingkungan ini terdiri dari budaya, kelas sosial, pengaruh pribadi, keluarga dan situasi.
  Budaya
Dalam studi perilaku konsumen, budaya mengacu pada nilai, gagasan, artefak dan simbol-simbol lain yang bermakna membantu individu untuk berkomunikasi, melakukan penafsiran dan evaluasi sebagai anggota masyarakat (Engel, Blackwell dan Miniard, 1994). Budaya mempengaruhi perilaku konsumen dalam tiga faktor yaitu
(a) budaya mempengaruhi struktur konsumsi,
(b) budaya mempengaruhi bagaimana individu mengambil keputusan
(c) budaya adalahvariabel utama dalam penciptaan dan komunikasi makna dari sebuah produk.
  
   Kelas Sosial
     Kelas sosial adalah pembagian di dalam masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang berbagi nilai, minat dan perilaku yang sama. Kelas sosial tidak ditentukan oleh faktor tunggal seperti pendapatan tetapi merupakan kombinasi dari pekerjaan, pendapatan, pendidikan, kekayaan dan variabel lainnya. Kelas sosial memperlihatkan preferensi dan pemilihan merek yang berbeda-beda dalam berbagai kategori produk tertentu, seperti pakaian, perabotan rumah, kegiatan waktu luang dan kendaraan.
Pengaruh Pribadi
     Pengaruh pribadi kerap memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan konsumen, khususnya bila ada tingkat keterlibatan yang tinggi dan resiko yang dirasakan dari produk atau jasa memiliki visibilitas publik. Hal ini diekspresikan baik melalui kelompok acuan maupun melalui komunikasi lisan. Pemasar dapat memanfaatkan pengaruh pribadi dengan memonitor komunikasi lisan dan berusaha mengendalikannya bila komunikasi itu bersifat negatif. Strategi lain mencakup menciptakan pemberi pengaruh yang baru, menstimulasi pencarian informasi melalui sumber ini, mengandalkan sepenuhnya pada pengaruh antar pribadi untuk mempromosikan produk dan memerangi komunikasi lisan yang negatif.
  Keluarga
Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1994), keluarga adalah kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih yang dihubungkan melalui darah, perkawinan atau adopsi dan yang tinggal bersama. Keluarga memainkan peranan terbesar dan terlama dalam pembentukan sikap dan perilaku manusia. Oleh karena itu manajemen pemasaran berkepentingan mempelajari perilaku anggota keluarga, terutama dalam melakukan pembelian barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhannya.
  Situasi
Situasi dapat memberikan pengaruh yang kuat dalam perilaku konsumen. Pengaruh situasi ini dapat timbul dari lingkungan fisik (sifat nyata yangmerupakan situasi konsumen), lingkungan sosial (ada tidaknya orang lain dalam situasi bersangkutan), waktu (sifat sementara dari situasi), tugas (tujuan atau sasaran tertentu yang dimiliki konsumen dalam situasi) dan keadaan anteseden (suasana hati dan kondisi sementara konsumen).
  Hasil Analisis Faktor  yang menyebab seseorang memilih KFC
  Faktor Gaya Hidup 
Variabel yang terdapat pada Citra Pemakai (User Image) yang paling berpengaruh terhadap persepsi konsumen dalam pembelian produk McD adalah gaya hidup masyarakat. Konsumsi makanan cepat saji sudah menjadi bagian dari gaya hidup pada masyarakat kota. Remaja bisa membandingkan diri dengan teman dalam memilih makanan.
  Faktor Produk yang terkenal
Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan, sesuai dengan pendapat Tjiptono (2006) yang mengatakan bahwa pemasar beranggapan konsumen lebih menghendaki produk-produk yang memiliki kualitas, kinerja, fitur, atau penampilan superior.
  Fakor Fasilitas
   Fasilitas merupakan hal penting dalam menentukan persepsi yang positif dibenak konsumen, karena kenyamanan tempat dan kelebihan fasilitas yang diberikan akan membuat konsumen tertarik, hal ini sesuai dengan pendapat Kartajaya (2003) yang mengatakan bahwa fasilitas yang diberikan perusahaan termasuk dalam lingkaran nilai pemasaran yaitu service dengan menggunakan prinsip-prinsip perusahaan dalam meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.
  Faktor Produk yang khas
   Produk yang khas merupakan hal yang sangat dipertimbangkan konsumen dalam membeli produk makanan siap saji ayam goreng. Rasa dan kerenyahan yang khas dibandingkan dengan produk franchise lainnya membuat konsumen untuk membeli produk McD, hal ini sesuai dengan pendapat McD Indonesia (2013) yang menyatakan bahwa produk-produk McD yaitu hamburger tetap menjadi produk hamburger paling disukai di antara semua merek restoran cepat saji di seluruh Indonesia, yang konsisten dinilai sebagai ayam goreng paling enak versi berbagai survei konsumen di Indonesia.
  Faktor Merek
McD sebagai salah satu merek makanan siap saji yang sudah terkenal di seluruh dunia. Pemberian merek pada produk spesifik memungkinkan konsumen menggunakan merek sebagai pedoman atau acuan tingkat dan konsistensi kualitas, serta memungkinkan para pemanufaktur untuk mengkomunikasikan citra spesifik dan aspek produk tertentu kepada para konsumen melalui kampanye periklanan massal.
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan :
    Proses keputusan pembelian terdiri dari beberapa tahap. Pada tahap pengenalan kebutuhan, konsumen menganggap produk McD sebagai makanan selingan yang dimotivasi oleh sekedar melepas rasa lapar atau dahaga saja, dengan intensitas kunjungan kurang dari dua kali dalam sebulan. Pada tahap pencarian informasi, media yang paling mempengaruhi dalam pembelian produk di McD yaitu konsumen itu sendiri, begitu juga dengan sumber informasi dimana konsumen mengetahui tentang produk McD dan yang menjadi fokus utama apabila ada promosi adalah atribut rasa. Pada tahap evaluasi alternatif, indikator yang menjadi pertimbangan awal dalam pembelian, kualitas dan alasan memilih produk McD adalah rasa. Pada tahap pembelian, konsumen biasanya berkunjung pada hari Sabtu atau Minggu dan itu pun tergantung situasinya. Pengaruh keluarga, teman dan penjual dalam menyarankan pembelian produk McD adalah tidak berkomentar. Pada tahap evaluasi pasca pembelian, konsumen merasakan puas akan produk McD dan akan kembali untuk mencobanya. McD, memiliki posisi yang saling berjauhan satu sama lainnya, yang artinya masing-masing merek tersebut tidak memiliki kedekatan atau kemiripan sifat satu dengan yang lainnya, yang berarti juga bahwa tidak ada kemiripan yang dekat terhadap masing-masing peubah yang merupakan ciri dari masing-masing merek. Atribut lokasi, rasa dan keramahan pelayan menempati urutan teratas dari tingkat kepentingan yang dinilai oleh konsumen. Strategi pemasaran yang harus diterapkan di McD mencakup atribut lokasi, tempat parkir, keramahan pelayan, kecepatan penyajian produk, kebersihan, dekorasi ruangan, keharuman ruangan, musik, variasi jenis produk, jumlah porsi, aroma produk, rasa, kemasan bawa pulang, promosi dan diskon.
Saran :
1.      Pihak McD harus terus mempertahankan kualitas dari atribut rasa dan aroma agar produk yang dibuat sesuai dengan harapan konsumen dan dapat menyaingi pesaing utamanya yaitu KFC .
2.      Pihak manajemen McD sebaiknya melakukan diversifikasi jenis makanan dengan menambah beberapa menu sehingga menjadi lebih variatif. Sementara untuk jumlah porsi pihak McD harus menambahkannya agar keinginan dari konsumen dapat terpenuhi.
3.      Pihak McD perlu mempertimbangkan kembali kinerja dari atribut kemasan bawa pulang karena dirasakan terlalu berlebihan.
4.      Pihak McD lebih sering mengadakan diskon terhadap produk-produknya agar konsumen lebih tertarik untuk berkunjung ke McD dan melakukan pembelian.
5.      Pihak McD perlu meningkatkan kinerja dari atribut keharuman ruangan dengan cara memasangkan pengharum ruangan di setiap sudut ruangannya.
 

1 komentar:

  1. ada sedikt keambiguan dalam pembahsan yang anda bahas, yang di bahas McDonald tapi malah merembes ke KFC.
    salam

    BalasHapus