manajemen dan strategi pengelolaan usaha
Untuk
memulai usaha bisnis diperlukan perencanaan dalam bentuk dokumen tertulis yg
berisikan ide dasar dan pertimbangan pendirian perusahaan, sekaligus sebagai blue
print yg berisikan tentang misi usaha, usulan usaha ,operasional usaha, rincian
finansial, strategi usaha, peluang pasaryg mungkin diperoleh dan kemampuan
serta ketrampilan pengelolanya.
Perencanaan usaha sebagai persiapan awal mempunyai dua
fungsi penting, yaitu : (1) Sebagai
pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha dan (2) Sebagai alat
untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Beberapa unsur yang harus ada dalam perencanaan usaha (by
Zimmerer), yaitu :
1. Ringkasan pelaksanaan 7. Ringkasan karyawan
dan pemilik
2. Profil usaha
8.Rencana operasional
3. Strategi usaha 9.Data
finansial
4. Produk (barang/jasa) 10.Proposal/usulan
pinjaman
5. Strategi pemasaran 11.Jadwal
operasional
6. Analisis pesaing
Sedangkan menurut Peggy Lambing, perencanaan bisnis
memuat sejumlah topik :
1. Excutive summary 7. Legal
consideration
2. Mission statement 8. Insurance
requirements
3. Business environment 9. Key person
4.Marketing plan 10.Supliers
5.Management team 11. Risk
6.Financial data
PENGELOLAAN
USAHA
Perencanaan
Usaha adalah suatu cetak biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang misi
usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha,
peluang pasar yang mungkin diperoleh, dab kemampuan serta keterampilan
pengelolaannya. Perencanaan usaha mempunyai dua fungsi penting, yaitu :
1. Sebagai
pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan
2. Sebagai
alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.
Perencanaan
bisnis memuat sejumlah topic, yang meliputi :
1. Ringkasan
eksekutif
2. Pernyataan
misi
3. Lingkungan
Usaha
4. Perencanaan
pemasaran
5. Tim
Manajemen
6. Data
financial
7. Aspek-aspek
legal
8. Jaminan
Asuransi
9. Orang-orang
penting
10. Pemasok
11. Risiko
PENGELOLAAN KEUANGAN
Tiga aspek yang harus diperhatikan dalam pengelolaan keuangan :
- Aspek sumber dana
- Aspek rencana & penggunaan dana
- Aspek pengawasan atau pengendalian keuangan.
Sumber-sumber keuangan perusahaan :
- Dana yang berasal dari perusahaan (pembelanjaan internal)
- Penggunaan dana perusahaan
- Penggunaan cadangan
- Penggunaan laba yang tidak dibagi
- Dana yang berasal dari luar perusahaan (pembelanjaan eksternal)
- Dana dari pemilik atau penyertaan.
- Dana yang berasal dari pinjaman, baik jangka panjang atau jangka pendek.
- Dana bantuan program pemerintah dari pusat dan daerah.
- Dana dari teman atau keluarga yang menanamkan modalnya.
- Dana ventura (investasi dana dari perusahaan besar)
Perencanaan Keuangan & Penggunaan dana, hal-hal yang harus
diperhatikan :
- Biaya awal, adalah biaya yang diperlukan ketika perusahaan akan berdiri.
- Proyeksi atau rancangan keuangan meliputi :
- Neraca harian
- Laporan laba rugi
- Laporan arus kas
- Analisa pulang pokok
TEKNIK & STRATEGI PEMASARAN
Pemasaran yaitu kegiatan meneliti kebutuhan & keinginan konsumen
(probe/search), menghasilkan barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan konsumen(product), menentukan tingkat harga (price), mempromosikannya
agar produk dikenal konsumen (promotion), dan mendistribusikan produk ke tempat
konsumen (place).
Tujuan pemasaran adalah bagaimana barang & jasa yang dihasilkan
disukai, dibutuhkan dan dibeli oleh konsumen.
Perencanaan Pemasaran meliputi beberapa langkah, yaitu ;
- Menentukan kebutuhan & keinginan pelanggan ( dengan melakukan riset pasar).
- Memilih pasar sasaran khusus. Ada 3 jenis pasar sasaran khusus :
- Pasar individual
- Pasar khususSegmentasi pasarMenempatkan strategi pemasaran dalam persaingan. Ada enam strategi pemenuhan permintaan dari lingkungan (juga masuk dlm strategi dari bauran pemasaran):
- Berorientasi pada pelanggan.
- Kualitas
- Kenyamanan
- Inovasi
- Kecepatan ( penempatan produk & respon keinginan consumer)
- Pelayanan & kepuasan pelanggan.
PRODUK
Produk memiliki siklus hidup yang terdiri dari tahap pengembangan,
pengenalan, pertumbuhan, penjualan, kematangan, kejenuhan dan penurunan.
HARGA
Factor-faktor yang harus dipertimbangkan antara lain ;
- Biaya barang dan jasa
- Permintaan & penawaran pasar
- Antisipasi volume pasar
- Harga pesaing
- Kondisi keuangan
- Lokasi usaha
- Fluktuasi musiman
- Faktor psikologis pelanggan
- Bunga kredit dan bentuk kredit
- Sensitivitas harga pelanggan (elastisitas permintaan)
STRATEGI PEMASARAN (BAGI USAHA BARU)
- Penetrasi pasar, dengan memperbesar volume penjualan dan periklanan
- Pengembangan pasar, peningkatan penjualan dengan pengenalan produk pada pasar baru.
- Pengembangan produk, modifikasi produk yang sudah ada untuk meningkatkan penjualan.
- Segmentasi pasar, pemasaran produk berdasarkan segmennya.
TEKNIK PENENTUAN HARGA
Produk baru, bertujuan untuk :
- Menghasilkan produk yang dapat diterima oleh konsumen potensial, tidak peduli berapa banyaknya.
- Memelihara pangsa pasar sebagai akibat tumbuhnya persaingan.
- Memperoleh laba.
Untuk barang konsumsi :
- Harga di atas harga pasar
- Harga sama dengan harga pasar.
Untuk barang industri:
- strategi Cost-Plus Pricing
Dengan menambahkan margin laba terhadap biaya-biaya
langsung.
- Biaya langsung & formulasi harga
Tidak termasuk biaya overhead pabrik
- Penentuan Harga jual model pulang pokok
Dengan menghitung besar persentasi tertentu dari total penjualan
yang digunakan untuk biaya variable.
- Untuk jasa
Menentukan harga berdasarkan material yang digunakan untuk
menyediakan jasa, tenaga kerja dan untuk memperoleh laba.
PROMOSI
Bertujuan :
- Menginformasikan barang/jasa yang dihasilkan pada konsumen
- Membujuk konsumen agar mau membeli barang/ jasa yang dihasilkan.
- Mempengaruhi konsumen agar tertarik terhadap barang/ jasa yang kita hasilkan.
Beberapa jenis promosi ;
- Iklan (media cetak & elektronik)
- Promosi penjualan (pameran)
- Wiraniaga (dengan produk sampel ke konsumen)
- Pemasaran langsung (langsung menghubungi konsumen)
- Humas ( mempublikasikan barang melalui pamflet dsb)
KIAT PEMASARAN USAHA BARU
- Peluang Pasar
- Barang dan jasa apa yang paling dibutuhkan konsumen?
- Berapa banyak yang mereka butuhkan?
- Kualitas mana yang paling tepat?
- Berapa banyaknya?
- Tempat yang tepat
- Banyak barang yang dibutuhkan
- Target yang hendak dicapai
TEKNIK
PENGEMBANGAN USAHA
- Pengembangan skala ekonomis
Dengan menambah skala produksi, tenaga kerja, teknologi, system
distribusi, dan tempat usaha.
- Perluasan Cakupan Usaha
Dengan menambah jenis usaha baru, produk dan jasa baru yang sekarang
diproduksi (diversifikasi), serta teknologi yang berbeda.
MANAJEMEN DAN STRATEGI KEWIRAUSAHAAN
Manajemen kewirausahaan semua kekuatan perusahaan yang menjamin
bahwa usahanya betul-betul eksis.
Strategi kewirausahaan Kesesuaian kemampuan internal dan aktivitas
perusahaan dengan lingkungan eksternal.
Strategi kewirausahaan, meliputi beberapa keputusan strategis, yaitu
:
- Perubahan produk barang dan jasa.
- Strategi menyangkut penetrasi pasar, ekspansi pasar, diversifikasi produk dan jasa, integrasi regional, atau ekspansi usaha.
- Kemampuan untuk memperoleh modal investasi .
- Analisa sumber daya manusia.
- Analisa pesaing untuk memantapkan strategi bersaing.
- Kemampuan menopang keunggulan strategi perusahaan dan modifikasi strategi.
- Penentuan harga barang atau jasa, untuk jangka pendek dan jangka panjang.
- Interaksi perusahaan dengan masyarakat luas.
- Pengaruh pertumbuhan perusahaan yang cepat terhadap aliran kas.
Wirausaha yang berfungsi sebagai manajer perusahaan, harus memiliki
kompetensi yaitu :
- Berfokus pada pasar bukan pada teknologi.
- Meramal pendanaan untuk menghindari tidak terdanainya perusahaan.
- Mambangun tim manajemen.
- Memberikan peran khusus bagi penemu.
- SUMBER : GOOGLE
Tidak ada komentar:
Posting Komentar